Penjelasan Mengenai Teknik Budidaya Pertanian Organik

Posted on

Sebenarnya apa maksud dari teknik budidaya pertanian organik itu? Kata budidaya pertanian organik pasti pernah atau sering kita dengar namun terkadang sebagian orang masih belum paham/belum mengerti arti dari kata tersebut.

Penjelasan Mengenai Teknik Budidaya Pertanian Organik
Penjelasan Mengenai Teknik Budidaya Pertanian Organik

Maksudnya adalah melakukan penanaman tanaman tanpa menggunakan bahan yang terbuat dari kimia sehingga tidak merusak alam atau lingkungan sekitar.

Teknik Budidaya Pertanian Organik

Cara budidaya pertanian organik memiliki beberapa tahap dalam pelaksanaanya, yaitu:

  1. Pemilihan Benih, benih yang digunakan adalah benih hasil buatan sendiri yang disimpan dari hasil panen sebelumnya. Dengan adanya benih tersebut petani dapat lebih mandiri tanpa bergantung pada benih pabrikan.
  2. Pembenihan dan Penanaman, dilakukan menurut kearifan lokal masyarakat sekitar, yang bertujuan dapat beradaptasi dengan lingkungan sekitar.
  3. Perawatan, terdiri dari dua hal yaitu pemupukan dan pengendalian hama. Pemupukan dilakukan menyesuaikan dengan pertumbuhan tanaman agar pupuk yang digunakan tidak berlebihan dan dapat diserap oleh tanaman dengan sempurna. Pengendalian Hama dan penyakit, pengendalian hama tidak terus menggunakan pestisida kimiawi namun justru menggunakan musuh alami dari hama tersebut sebagai contoh dalam mengendalikan belalang menggunakan laba-laba. Sedangkan pengendalian penyakitnya cenderung menggunakan bahan-bahan bumbu dapur, kedua hal tersebut dilakukan agar tetap menjaga keseimbangan alam.
  4. Panen, panen dilakukan kalau memang sudah saat untuk dipanen berdasarkan umur dari tanaman tersebut.

Selain hal diatas adapun manfaat yang didapat dengan menggunakan teknik budidaya pertanian organik.

  • Tanaman organik sangat banyak diminati orang, karena faktor yang paling utama terbebas dari bahan kimiawi.
  • Karena tidak adanya bahan kimia kita tidak perlu khawatir dengan penyakit, justru tanaman organik dapat menyembuhkan penyakit.
  • Berkaitan 2 hal diatas dalam penjualan tanaman organik pastilah sangat menguntungkan karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan dari tanaman organik.

Pada intinya cara budidaya pertanian organik ini bertujuan melakukan pertanian yang dapat selaras dengan alam tidak hanya terfokus pada hasil akhirnya saja.

Pertanian yang terfokus pada hasil akhirnya saja tidak akan dapat menjadi petani yang mandiri.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda lebih dalam mengenai pengertian dan tujuan dari budidaya tanaman organik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *