INI DIA! Tiga kompetitor Tesla

Seperti yang telah kita ketahui, perusahaan mobil listrik milik Elon Musk yaitu Tesla beberapa tahun belakangan ini memang menjadi perhatian para pecinta otomotif. Tesla hadir dengan teknologi ramah lingkungan yang cukup berdampak baik bagi lingkungan. Hal ini diperkuat dengan fakta bahwa mobil Tesla tidak menggunakan bahan yang membuat polusi sama sekali. Melainkan menggunakan tenaga listrik.

Karena Tesla cukup populer, mulai muncul pertanyaan apakah ada mobil listrik dengan spesifikasi yang sama seperti Tesla namun dengan harga yang lebih terjangkau? Kemudian muncul inovasi baru yang di keluarkan oleh para perusahaan otomotif.

Karena Tesla begitu menarik untuk dibahas, mari kita bahas para kompetitornya. Akankah Tesla merasa tersaingi dengan hadirnya para kompetitor mobil listrik ini?

1. Hyundai

Hyundai akhir-akhir ini memang menjadi perhatian publik, inovasi-inovasi baru nya mampu membuat para kompetitornya ketar-ketir. Tahun 2019 lalu Hyundai muncul dengan Crossover Hyundai Kona Electric yang mengusung konsep ramah lingkungan. Hyundai Kona Electric yang didesain untuk anak muda dan berkarakter sporty ini mampu menempuh jarak 258 mil atau lebih dari 415 km untuk sekali pengisian daya baterai penuh.

Untuk harga pasaran di Indonesia, Hyundai Kona dibanderol dengan kisaran 400-600 juta saja loh! Harga yang sangat terjangkau untuk ukuran mobil listrik. Dengan moto listriknya, mobil listrik Hyundai ini menyuguhkan tenaga maksimum hingga 201 tenaga kuda.
Dengan harga murah, Hyundai kemungkinan akan menjadi merk yang paling disenangi.

2. Nissan

Merk mobil satu ini juga tidak mau kalah dengan Hyundai maupun Tesla. Nissan muncul mengejutkan publik dengan keluaran terbarunya Nissan LEAF. Nissan turut meramaikan pasar mobil listrik dengan peluncuran resmi Nissan LEAF terbaru pada pertengahan Agustus 2021. Mobil tersebut diberi harga Rp 649 juta untuk warna single tone atau Rp 651 juta untuk warna dual tone.

Harga tersebut berada di antara kedua model Hyundai Ioniq. Nissan memberikan berbagai fitur kenyamanan seperti lampu depan dan belakang LED, jok kulit, pemanas kursi, cruise control, keyless entry, speedometer kombinasi digital, serta head unit canggih.

Sementara perangkat keselamatan mencakup sistem Forward Collision Warning (FCW), Forward Emergency Braking (FEB), Intelligent Trace Control (ITC), Electronic Stability Control (ESC), Hill Start Assist (HSA), Anti-lock Braking System (ABS), dan kamera 360 derajat. Nissan menyematkan motor listrik dengan total output 148hp dan torsi maksimal 320Nm. Dengan baterai 40kWh, mobil ini bisa menempuh jarak 311 km dalam sekali pengisian daya. Akselerasi dari 0-100 km/jam hanya membutuhkan waktu 7.9 detik.

3. Lexus

Ini dia, mobil yang mengusung tema creative urban explorer. Lexus Indonesia resmi meluncurkan mobil listrik pertamanya yakni The First-ever Lexus UX300e secara virtual pada November 2020 lalu. Indonesia menjadi negara yang pertama yang hadirkan Lexus UX300e di Asia Tenggara.

Lexus UX300e memiliki lima penumpang dengan dimensi panjang 4.495 milimeter (mm), lebar 1.840 mm, dan tinggi 1.545 mm. Jarak sumbu rodanya, 2.640 mm. Soal jantung pacu, mobil ini menggunakan Battery Electric Vehicle (BEV) atau full electric. Di mana SUV ini merupakan pengembangan dari UX300 yang menggunakan mesin bensin, sehingga tampilannya tidak berbeda jauh.

Tampil dengan desain edgy, Lexus UX 300e mengedepankan performa yang halus serta dilengkapi dengan berbagai fitur exterior khas Lexus UX seperti signature Lexus spindle grille, 3-LED Projector Headlights, dan inovasi lampu belakang limitless line berbentuk horizontal yang sangat attractive terutama di malam hari.

Lexus UX 300e juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang cukup mumpuni seperti, 8 SRS airbags, blind spot monitor, dan panoramic view monitor. Ini memungkinkan pengemudi untuk melihat semua sisi Lexus UX 300e di layar depan. Ada juga All-Around Parking Sensors untuk mempermudah manuver saat parkir atau ketika menyusuri jalan sempit. Bicara soal harga Lexus UX300e dibanderol Rp 1,245 miliar, yang sudah berstatus OTR Jakarta.

Leave a Comment

Your email address will not be published.