Deretan Brand Fashion Indonesia Asli yang Mendunia

Sadarkah kalian kalau semakin hari perkembangan brand lokal makin merajai pasar?
meskipun tingkat ekspor kita masih kalah jauh dari negara-negara seperti China dan Jepang namun tingkat konsumsi dari negara sendiri juga masih tergolong besar!

Para pemilik usaha dari brand lokal di Indonesia kini berani memasarkan produk-produknya ke negara tetangga. Bukan cuma dipasarkan ke negara-negara tetangga, produk fashion asli Indonesia bahkan laris manis di puluhan negara. Sampai dibuatkan pabrik di belasan negara juga. Ini adalah hal yang cukup membuat anak bangsa patut berbangga, karena inilah kebangkitan brand fashion Indonesia!

Berbicara tentang brand lokal yang merajai pasar, kami merangkum beberapa brand lokal asli Indonesia yang berhasil tembus ke pasar Internasional. Berikut ulasannya :

1. Erigo

Awalnya Erigo didirikan pada tahun 2010 dan memiliki nama Selected and Co yang berfokus untuk memproduksi pakaian khusus batik kasual. Kemudian pada tahun 2013, sang founder Muhammad Sadad berinovasi dengan nama Erigo lalu menjual pakaian unisex dengan konsep street style dan travelling yang kekinian.

Setelah melakukan pemotretan product campaign di luar negeri seperti Singapura dan Jepang, nama Erigo semakin dikenal di pasaran internasional. Apalagi setelah iklan brand Erigo untuk pertama kalinya terpampang di billboard Time Square New York, Amerika Serikat awal Maret 2021.

Bahkan Erigo pun telah tampil dalam New York Fashion Week 2022 yang diramaikan oleh sejumlah influencer Indonesia kenamaan. Erigo juga sukses mengadakan pop-up store selama berlangsungnya acara tersebut.

2. Bodypack

Jangan salah mengira Bodypack merupakan merek tas dari luar. Bodypack merupakan merek tas asli Indonesia. Merek ini berada di bawah naungan PT Eigerindo Multi Produk Indutri atau Eigerindo yang memproduksi produk Eiger dan Exsport.

Berhasil menembus pasar dunia, Bodypack jadi salah satu brand lokal yang membuat produk tas travelling ataupun tas yang diperlukan sehari-hari. Dengan kualitasnya yang keren, Bodypack sudah bisa kita lihat di Singapura, Filipina, Jepang, hingga Libanon!

3. Cotton Ink

Cottonink merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2008. Perusahaan ini umumnya bergerak di bidang busana seperti baju, celana, sepatu dan masih banyak lagi.

Beberapa orang mungkin pernah mengira Cotton Ink adalah label asal luar negeri, bahkan satu kelompok dengan ritel busana kasual seperti H&M, Pull & Bear, Stradivarious, Cotton On, atau beberapa ritel lainnya yang sering kita lihat berjajar di pusat perbelanjaan kelas menengah ke atas.

4. The Executive

Brand yang terkenal mewah ini sering dikira brand luar, karena dari segi harga juga lumayan “mahal” tapi worth it dengan kualitas yang diberikan. Namun sebenarnya, The Executive merupakan brand asli Indonesia yang terkenal.

5. Tomkins

Tomkins adalah merek sepatu buatan Indonesia yang diproduksi oleh PT Primarindo Asia Infrastructure Tbk. Dikutip dari laman Primarindo, pada awal pendirian, perusahaan ini memproduksi sepatu sport yang seluruhnya diekspor. Pada tahun 2002, Reebok yang merupakan buyer utama perusahaan ini melakukan relokasi usaha yang berakibat terhentinya pemesanan.

Seiring dengan terhentinya pemesanan ekspor tersebut, perusahaan yang memilki pabrik di Gedebage, Bandung mulai merintis penjualan sepatu di pasar dalam negeri dengan merk sendiri yaitu “Tomkins”.

Sampai saat ini, penjualan sepatu Tomkins telah tersebar ke seluruh Indonesia dan bisa dipesan melalui e-commerce. Produknya beragam, mulai dari sepatu anak-anak, sepatu anak muda, hingga sepatu wanita.

Itulah tadi ulasan mengenai brand lokal terkenal di Indonesia yang kini berani mengepakkan sayap di pasaran Internasional, semoga artikel ini membantu kamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.