5 Universitas Terbaik ASIA

Pendidikan adalah hal yang terpenting dalam jangka hidup seseorang. QS Asia University Rankings 2021 yang baru-baru ini dirilis adalah peringkat Asia terbesar QS. Tahun ini memiliki 634 institusi, dibandingkan dengan 550 tahun lalu. Lokasi utama yang diwakili termasuk China Daratan (124 universitas), India (106 universitas), Jepang (98 universitas), dan Korea Selatan (85 universitas), terhitung lebih dari 65% dari semua universitas peringkat di antara mereka.

Alasan untuk Belajar di Asia

Dengan ekonomi yang terus tumbuh, negara-negara Asia telah berinvestasi berlipat ganda dalam memberikan pendidikan berkualitas tinggi dan memperkuat posisi mereka di peringkat global. Selama bertahun-tahun itu menjadi pusat pendidikan bagi siswa internasional dari seluruh dunia. Mari kita lihat beberapa alasan yang berkontribusi pada popularitas Asia sebagai tujuan studi:

 

Keterjangkauan – Biaya hidup dan belajar di Asia jauh lebih murah daripada tujuan belajar di luar negeri seperti Eropa dan Amerika Serikat. Kota-kota seperti Kuala Lumpur (Malaysia), Chennai (India) dan Istanbul (Turki) adalah beberapa destinasi paling terjangkau di Asia. Jadi siswa dapat tinggal di Asia selama studi mereka tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.

Beragam Budaya – Asia adalah pusat dari banyak budaya dan menampung orang-orang dari semua lapisan masyarakat. Nilai-nilai inti dan kepercayaan di Asia menekankan pada persatuan dan harmoni. Membenamkan diri dalam budaya yang kaya dan beragam dapat menjadi pengalaman belajar yang menarik dan luar biasa bagi siswa.

Kualitas Pendidikan – Selama bertahun-tahun, negara-negara Asia telah mencapai tingkat pendidikan tertinggi. Kurikulum yang menantang dan penekanan pada pendidikan berkualitas telah mengubah lanskap tingkat melek huruf di Asia. Negara-negara seperti Jepang, Singapura, Cina, dll adalah rumah bagi beberapa universitas peringkat teratas di dunia.

Meningkatkan Profil kalian -Kurikulum di institusi Asia berfokus pada keterampilan penting seperti berpikir kritis, kolaborasi, kreativitas, dll, yang mengubah CV kalian dan meningkatkan profil kalian sebagai seorang profesional. Pendidikan dari negara Asia menunjukkan kemampuan kalian untuk beradaptasi dengan lingkungan multikultural dan potensi kalian dalam jaringan dan kompetensi.

 

5 Negara Pelajar Di ASIA

Selain Singapura, urutan selanjutnya adalah Malaysia, Jepang, China dan Korea Selatan. Sementara Indonesia sendiri menempati posisi ke 7 dalam 10 besar.

Kebanyakan orang menginginkan belajar ke Jepang karena suasana dan sistem belajar yang luar biasa. Tapi perlu di perhatikan bahwa Jepang memiliki biaya hidup yang tinggi. Jepang juga memerlukan pendidikan bahasa yang bisa di bilang rumit.

 

  • Singapore/ National University of Singapore (NUS)

Singapura berada di puncak daftar kita dalam hal negara-negara terbaik di Asia untuk belajar. Ini fitur di antara 20 teratas di QS World University Rankings. Ada sekitar 34 universitas di Singapura, yang terkenal dengan pendidikannya yang berkualitas tinggi. National University of Singapore (NUS) & Nanyang Technological University (NTU) sangat unggul dalam QS World University Rankings 2021. Singapura juga merupakan rumah bagi beberapa universitas internasional seperti:

  1. Universitas Teknologi dan Desain Singapura, dikembangkan dalam kemitraan dengan Institut Teknologi Massachusetts AS dan Universitas Zhejiang China.
  2. Yale-NUS College, kemitraan antara National University of Singapore dan Yale University.
  • Malaysia/ Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR)

Dalam peringkat QS Best Student Cities, ibu kota negara, Kuala Lumpur dinobatkan sebagai kota paling terjangkau kedua di dunia untuk pelajar. Biaya hidup rata-rata di Malaysia untuk siswa internasional setiap tahun adalah sekitar MYR 14,400.

Biaya kuliah yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pendidikan di universitas negeri di Malaysia tergantung program yang kalian ambil. Rata-rata adalah sekitar $10.000 hingga $20.000 untuk 3,5 hingga 4 tahun studi, yaitu sekitar Rp145 juta hingga Rp291 juta.

Tahukah kalian bahwa Jepang memiliki jumlah pemenang Hadiah Nobel terbanyak kedua dari semua negara di dunia? Ini karena kontribusi yang dibuat oleh universitas Jepang di bidang Kedokteran, Kimia, dll dan proyek penelitian dan inovasi lainnya. Meskipun bahasa Inggris tidak digunakan secara luas di Jepang, ada sejumlah program pengajaran bahasa Inggris di universitas-universitas di Jepang.

Perekonomiannya termasuk terbesar ke-3 di dunia, Jepang menawarkan berbagai universitas  bagi siswa untuk dipilih dan 10 di antaranya berada di peringkat 200 teratas di seluruh dunia. Sekolah bahasa Jepang ada di banyak kota di seluruh Jepang, mulai dari sekolah percakapan informal hingga lembaga yang diakui pemerintah yang menawarkan kursus persiapan bagi siswa untuk mendaftar di universitas. Ada sekolah bahasa untuk semua tingkat kemahiran, dan kursus dengan durasi yang berbeda dari hanya beberapa minggu hingga lebih dari satu tahun.

 

  • China/ Tsinghua University

Banyak siswa internasional memilih Cina untuk studi mereka di luar negeri. Tapi kenapa? China telah banyak berinvestasi dalam pendidikan selama beberapa tahun terakhir dan telah mengembangkan kemitraan dengan universitas dari Inggris dan AS. Universitas Cina menawarkan pendidikan berkualitas dan memiliki fasilitas standar tinggi. Itu sebabnya, lebih dari 100 institusi pendidikan tinggi saat ini hadir di peringkat teratas yang dibuat oleh Times Higher Education dan Top Universities.

Tetapi seberapa mahal untuk tinggal dan belajar di Cina? Ini adalah gambaran umum mengenai anggaran seperti apa yang  kalian perlukan untuk belajar di negara terbesar ke-4 di dunia. Biaya hidup di negara ini sangatlah variatif karena kalian akan memiliki banyak pilihan di antara banyak kota tergantung pada anggaran, preferensi universitas, dan gaya hidup. Umumnya berkisar antara RMB12.000 hingga RMB24.000 per tahun atau sekitar Rp25,8 juta – Rp51,7 juta pada 2020. Namun, hampir semua jenjang mengalami perubahan biaya kuliah pada 2020 -2021.

 

  • Korea Selatan/ Seoul National University

Korea Selatan memiliki beberapa kota besar yang sempurna untuk siswa belajar di luar negeri seperti Busan, Seoul, Daegu, dan Daejeon. Seoul adalah ibu kota dan kota terbesar di Korea Selatan, menggunakan salah satu tempat terbaik untuk melanjutkan pendidikan kalian di luar negeri. Biaya kuliah di Korea sekitar Rp 29 – 80 juta per semester. Untuk biaya hidup berkisar Rp 5 juta/bulan.

Seoul National University (SNU) adalah universitas nasional pertama di Korea. SNU memiliki kampus terbesar di Korea, dan terdiri dari 16 kolese, 1 fakultas pascasarjana dan 10 fakultas profesional. SNU menawarkan dukungan karir, bimbingan konseling bantuan keuangan, dan dukungan bahasa bagi mahasiswa internasional. Lingkungan akademik di Korea sangat kompetitif. Orang Korea menganggap pendidikan – khususnya pendidikan tinggi – dengan sangat serius. Akademisi di Korea sangat kompetitif; siswa memperlakukan guru mereka dengan hormat dan sangat serius tentang studi mereka. Korea memiliki sejumlah universitas bergengsi, dan sebagian besar berlokasi di Seoul. Menghadiri salah satu universitas dipandang sebagai prasyarat untuk sukses dalam masyarakat Korea.

 

Jika ingin mengenal dan memahami sesuatu dengan baik, kalian harus terlebih dahulu terlibat di dalamnya. Sebagai mahasiswa internasional, kalian akan terlibat dengan orang-orang dengan budaya dan pemikiran yang berbeda.

Selama belajar di luar negeri, kalian akan terbiasa memiliki pemahaman atas budaya orang lain dan berpikir positif dengan keberagaman, sehingga meminimalkan konflik. Berbekal komunikasi yang baik dalam hal lintas budaya, kalian akan lebih mudah berkolaborasi dengan banyak relasi di skala internasional. Tinggal sendiri dan jauh dari keluarga akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih mandiri dan tangguh. Jadi punya impian kuliah kemana nih?

Leave a Comment

Your email address will not be published.